• ?
  • 022 - 4214390
  • bec@bandungeyecenter.org

SELAMAT DATANG DI WEBSITE BANDUNG EYE CENTER     --     EYE SPECIALIST HEALTH SERVICES     --   BESTFRIEND IN EYE CARE   --  TIDAK PERLU REPOT MEMAKAI KACAMATA KAMI SOLUSINYA  --  KAMI MENYEDIAKAN APA YANG ANDA BUTUHKAN UNTUK KESEHATAN MATA ANDA

BEDAH KATARAK

D   O   K   T   E   R       S   P   E   S   I   A   L   I   S

                   

 

KATARAK

“Sebagian besar katarak disebabkan oleh penuaan atau lanjut usia”

Apa yang disebut katarak?
Katarak adalah kerutan lensa mata ( kekeruhan pada lensa mata), yang menyebabkan penglihatan seseorang menjadi buram, bahkan sampai tidak melihat. Hal tersebut disebabkan karena cahaya yang masuk tidak dapat mencapai retina, akibat terhalang oleh lensa yang keruh.
Lensa mata secara anatomis terletak dibagian depan mata tepat di bagian pupil mata. Katarak pada usia lanjut terjadi karena proses senitas yang menyebabkan tajam penglihatan menurun. Prevalensi katarak meningkat sesui umur, lebih dari 50% orang yang berusia lebih dari 55 tahun dan lebih dari 70% orang yang berusia 70 tahun menderita kekeryhan lensa mata (katarak).

Bagaimana Katarak dapat didiagnosa?
Menentukan apakah seseorang menderita katarak memerlukan pemeriksaan mata lengkap, dokter mata akan mendeteksi apakah penurunan atau gangguan tajam penglihatan diakibatkan kekeruhan pada lensa mata atau sebab lain ? pasien akan diperiksa tajam penglihatannya. Pupil akan dilebarkan dengan tetes mata midratyl untuk menentukan diagnosi pasti katarak dan retina katarak.

Gejala terjadinya Katarak :
1. penglihatan buram atau berkabut, bahkan sampai tidak bisa melihat
2. Peka terhadap sinar atau cahaya
3. Sering ganti kacamata, karena ukurannya mudah berubah
4. pada keadaan terang mata terasa silau
5. penglihatan diruang gelap lebih jelas dibandingkan diruang terang
6. kadang penglihatan pada suatu mata menjadi dua (terlihat ganda)

Bagaimana Katarak dapat diobati?
Pada fase dini yang sangat tipis, koreksi dengan kacamata mungkin akan menolong sementara. Jika katarak makin tebal kacamata tidak lagi dapat menolong tajam penglihatan sehingga “tindakan bedah katarak menjadi pilihan”. Atas dasar gejala katarak yang ditemukan, dokter dan pasien dapat memutuskan kapan tindakan bedah katarak dapat dilakukan.

Apa yang sebaiknya anda ketahui mengenai operasi katarak ?
Lensa yang mengalami katarak diekstrasi melalui tindakan bedah. Sebelum tindakan bedah dilakukan, pasien akan menjalani pembiusan mata dengan local atau topical ditambah obat penahan rasa sakit dan kadang-kadang memerlukan obat penenang untuk pasien yang gelisah. Prosedur bedah mikro modern ultrasound (gelombang suara) yang disalurkan melalui probe kecil untuk menghancurkan dan menyedot katarak dengan energy vakum. Lensa intraocular ditempatkan pada letak anatomisnya sehingga memungkinkan penderita hanya memakai kacamata tipis setelah tindakan bedah dilakukan.
Walaupun dengan teknologi bedah katarak saat ini prsedur bedah katarak hanya memerlukan waktu yang singkat dan tidak perlu dirawat.

 

 

 

©2015 Bandung Eye Center All right reserved   Developed by javwebnet