• ?
  • 022 - 4214390
  • bec@bandungeyecenter.org

SELAMAT DATANG DI WEBSITE BANDUNG EYE CENTER     --     EYE SPECIALIST HEALTH SERVICES     --   BESTFRIEND IN EYE CARE   --  TIDAK PERLU REPOT MEMAKAI KACAMATA KAMI SOLUSINYA  --  KAMI MENYEDIAKAN APA YANG ANDA BUTUHKAN UNTUK KESEHATAN MATA ANDA

GLAUKOMA

DOKTER SPESIALIS

GLAUKOMA

 “ Siapa saja nisa terkena glaucoma”

 Apakah yang disebut dengan penyakit Glaukoma?

Galukoma adalah suatu kelainan mata yang berupa rusaknya serabut syaraf optic pada daerah sekitar tempat keluar bola mata, serabut syaraf ini berfungsi membawa informasi dari lapisan retina yang sensitive terhadap sinar, menuju otak agar dapat diterima sebagai gambar yang dapat kita lihat. Mata anda membutuhkan sejumlah tekanan tertentu agar dapat berfungsi baik. Pada beberpa orang, tekanan bola mata in dapat meninggi sehingga akan dapat menyebabkan kerusakan syaraf optic. Dapat pula terjadi bahwa tekanan bola mata masih normal akan tetapi tetap terjadi kerusakan syaraf optic yang disebabkan karena syaraf optiknya sendiri yang sedah melemah.

 Faktor apa saja yang mengontrol tekanan bola mata?

Satu lapisan sel dibelakang iris bertugas memproduksi cairan yang disebut akuos. Cairan ini akan mengalir  menuju lubang pupil dan akan meninggalkan bola mata melalui saluran kecil menuju pembuluh darah. Normalnya antara produksi akuos dan aliran keluarnya adalah seimbang. Jika aliran keluarnya terhambat atau produksinya berlebih, maka tekanan bola mata akan tinggi.

Mengapa tekanan bola mata yang tinggi berbahaya?

Apabila syaraf optic mendapat tekanan yang berlebihan, maka akan terjadi kerusakan disana. Besarnya kerusakan tergantung pada besarnya dan lamanya tekanan, maupun buruknya aliran darah di syaraf optic. Tekanan yang sangat tinggi akan menyebabkan kerusakan yang cepat, sedangkan tekanan yang tidak begitu tinggi akan menyebabkan kerusakan yang perlahan-lahan dan akan menyebabkan kebutaan perlahan-lahan pula apabila tidak segera ditangani.

 Ada berapa jenis Galukoma ?

Ada 4 jenis:

  1. Glaukoma Kronis (kronis=lambat). Mul-mula cairan akuos dapat berjalan lancer akan tetapi semakin aliran akan melambat karena ada hambatan. Tekanan bola mata akan meninggi perlahan-lahan sehingga tidak ada gejala nyeri sama sekalai akan tetapi lapang pandang akan menyempit perlahan-lahan.
  2. Glaukoma Akut (akut=tiba-tiba). Hal ini terjadi akibat adanya hambatan mendadak dari aliran cairan akuos disudut bilik mata depan. Serangan ini akan menimbulkan rasa nyeri dan dapat membuat kerusakan permanen pada penglihatan apabila tidak diobati.
  3. Glaucoma Sekunder. Tekanan nola mata yang meninggi akibat penyakit mata lainnya.
  4. Glaucoma Kongenital. Merupakan penyakit yang jarang terjadi, terutama pada anak-anak akibat gangguan perkembangan pada matanya.

Bagaimanakah Glaukoma Kronik dapat menyebabkan kebutaan?

Bahanya Glaukoma jenis ini adalah bahwa pasien merasa normal,, tidak merasa nyeri dan penglihatan dirasakan normal, padahal sudah mulai terjadi kerusakan penglihatan. Tanda awal hilangnya lapang pandang biasanya terlihat berupa adanya area lengkungan yang tak terlihat (gelap) sedikit diatas atau dibawah penglihatan central. Apabila tidak diobati/ditangani maka daerah gelap ini akan meluas dan akan menyisakan daerah sempit seperti kita melihat pada lubang kunci.

Bagaimana cara mengobati Glaukoma Kronik?

Menurunkan tekanan bola mata menggunakan obat-oabtan terutama obat tetes mata. Apabila pengobatan ini tidak berhasil maka dapat beralih ke pengobatan sinar laser atau operasi trabekulektomi.

Apakah Glaukoma Kronik dapat disembuhkan ?

Walaupun kerusakan yang sudah terjadi tidak bias diperbaiki lagi, tetapi dengan dignosa dini dan pemeriksaan serta pengobatan teratur maka kerusakan dapat dihambat seminimal mungkin.

 

©2015 Bandung Eye Center All right reserved   Developed by javwebnet