• ?
  • 022 - 4214390
  • bec@bandungeyecenter.org

SELAMAT DATANG DI WEBSITE BANDUNG EYE CENTER     --     EYE SPECIALIST HEALTH SERVICES     --   BESTFRIEND IN EYE CARE   --  TIDAK PERLU REPOT MEMAKAI KACAMATA KAMI SOLUSINYA  --  KAMI MENYEDIAKAN APA YANG ANDA BUTUHKAN UNTUK KESEHATAN MATA ANDA

LASIK

LASIK

Bandung Eye Center Salah Satu Pusat Pelayanan Kesehatan Mata Yang memiliki LASIK Center.

Apa yang dimaksud Lasik ?

Laser Assisted in situ keratomileusis atau LASIK, merupakan prosedur bedah yang dilakukan untuk mengobati nyopi, hiperopia dan astigmat. Prosedur LASIK menggunakan instrument bedah mikro dan energy laser. Pada kasus myopia, energy laser melepaskan jaringan tengah permukaan kornea sehingga lengkung kornea menjadi lebih datar dan dengan demikian memfokuskan berkas cahaya pada retina sehingga obyek yang terlihat menjadi lebih jelas. Pada kasus hiperopia, energy laser melepaskan jaringan pinggir kornea sehingga kornea menjadi lebih lengkung. Prinsipnya energy laser bekerja merubah kelengkungan kornea. Untuk maksud tersebut, lapisan stroma kornea (terletak dibawah epitel) harus terbuka melalui pembuatan flap kornea sehingga energy laser dapat bekerja pada lapisan stroma.

Manfaat LASIK

“ Mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian kaca mata dan lensa kontak “

Siapakah yang dapat menjalani tindakan LASIK ?

  • Usia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang hamil atau menyusui
  • Kedua belah mata harus dalam keadaan sehat
  • Refraksi mata/ukuran kacamata stabil selama 1 tahun terkahir
  • Tidak memakai soft contact lens selama 14 hari atau Hard contact lens selama 30 hari berturut-turut sebelum operasi

Pemeriksaan apa yang dilakukan sebelum tindakan LASIK ?

Dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata lengkap untuk menentukan dan mengukur kornea anda apakah terdapat kelainan yang akan mempengaruhi prosedur LASIK. Pasien akan melakukan serangkaian pemeriksaan mata antara lain pemeriksaan refraksi, tekanan intraocular, ketebalan kornea, dan ukuran pupil.

Bagaimana Laser bekerja ?

Tiga puluh menit sebelum operasi akan diberikan antibiotic tetes pada mata setiap 10 menit. Pasien ditempatkan pada posisi tidur pada reclining chair dengan posisi kepala dan seluruh tubuh lurus sejajar. Kemudian mata akan diberi anestesi topical dan selotipe drape pada bulu mata. Dokter akan memasang speculum agar mata tidak mengedip selama prosedur dan diberikan lagi anesthesia topical. Dibuat flap kornea dan dilakukan procedure laser pada kornea dengan mata pasien berfiksasi pada titik lampu hijau pada mesin LASIK. Flap kornea ditutup kembali ke posisi semula dan procedure LASIK selesai.

Efek Samping Minimal

Setiap tindakan medis kadang-kadang memiliki efek samping. Dalam tindakan LASIK, efek samping itu hamper tidak ada. Komplikasi umumnya dapat ditanggulangi dengan baik. Komplikasi yang menyebabkan kehilangan penglihatan sangat jarang ditemui.

 

 

 

 

©2015 Bandung Eye Center All right reserved   Developed by javwebnet